Tinju merupakan salah satu bentuk latihan bela diri yang dilakukan oleh dua orang dengan berat badan yang sama.

Dalam olahraga ini, memukul merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang petinju.

Dari semua olahraga, tinju adalah salah satu yang paling menuntut fisik. Petinju profesional terus menyempurnakan keterampilan mereka saat mereka naik peringkat untuk menghadapi lawan yang lebih tangguh.

Jika Anda ingin mulai mempelajari olahraga bela diri ini, ikuti panduan teknik tinju untuk pemula.

dhammasociety.org

Teknik tinju untuk pemula

Petinju yang sukses berlatih berbagai teknik meninju jauh sebelum mereka memasuki ring. Baik menggunakan teknik tinju bayangan atau bagging berat, petinju baru harus fokus pada teknik tinju yang tepat saat melepaskan pukulan.

Cross

Cross merupakan salah satu pilihan pukulan lurus yang kuat dan lugas. Saat melakukan pukulan, petinju akan melemparkan punggung tangannya dari rahang, lalu mendorong bagian belakang bahu ke depan hingga mencapai dagu.

Dalam pukulan pass, beban dipindahkan dari kaki belakang ke kaki depan. Jadi, sangat menyedihkan untuk berdiri dengan satu kaki. Pukulan ini juga dikatakan memiliki kekuatan yang lebih besar dari jab.

Jab

Biasanya dilakukan dengan menggunakan tangan depan yang lebih lemah, jab dalam tinju membantu menjauhkan lawan dari Anda. Jab adalah pukulan pendek. Untuk memaksimalkan efektivitas jab, petinju profesional memutar lengan dan pergelangan tangan mereka sebelum melakukan kontak dengan l. a.

Hook

Hook adalah pukulan semi berputar yang digunakan untuk memukul sisi wajah atau kepala lawan. Pukulan ini dilakukan dengan siku terlipat dan tangan terkepal menghadap ke bawah.

Saat melakukan hooking, batang tubuh dan pinggul petinju umumnya diputar searah jarum jam. Pukulan ini juga diklaim sebagai salah satu jenis pukulan yang paling efektif digunakan dalam tinju.

Upper Cut

Ini adalah pukulan ke atas yang dilempar oleh kedua tangan yang sangat efektif pada jarak dekat.

Long Hook

Longy hook adalah pukulan hook yang dilempar dari jarak jauh. Dalam tinju, pukulan hook panjang bukanlah pukulan standar seperti pukulan jab, pukulan langsung, pukulan hook atau pukulan lebih tinggi, tetapi pukulan modifikasi, kombinasi pukulan instan dan pukulan hook.

Di Indonesia pukulan ini dikenal sebagai pukulan ayun. Dalam istilah tinju internasional, istilah swing tidak dikenal, dan lebih dikenal dengan lengthy hook.

Kombinasi

Setelah Anda menguasai berbagai cara memukul dalam tinju, Anda dapat membuat kombinasi yang berbeda. Kombinasi pertama yang dipelajari kebanyakan petinju adalah kombinasi lama 1, 2 (jab diikuti dengan umpan silang).

Kombinasi efektif lainnya adalah menambahkan hook pada 1, 2. (Jika Anda kidal, ini berarti jab kiri diikuti dengan umpan silang kanan dan diakhiri dengan hook kiri.)