Tinju adalah kegiatan olahraga yang berbahaya, petinju harus bersiap dipukul berulang-ulang di wajah, tangan, perut dan bagian tubuh lainnya.

Skandal terbesar tinju mayoritas biasanya muncul dari seseorang yang berusaha untuk terkenal atau untung dengan cara tak bermoral, baik saat di ring maupun di luar ring.

Pertandingan Tinju Terburuk di Dunia

Berikut ini adalah acara pertandingan tinju yang sangat mengerikan bahkan sampai berujung pada kematian pemainnya.

5 Acara Pertandingan Tinju Terburuk di Dunia

Acara Pertandingan Tinju Terburuk di Dunia

  • Tyson vs Holyfields

Ketika ronde ketiga sisa 40 detik, Tyson yang frustrasi merangkul dan menggigit putus telinga kanan Holyfields. Namun, Tyson mengulangi perbuatannya dan menggigit kembali telinga kiri Holyfields.

  • Becky Zerlentes

Petinju wanita Becky Zaerlentes meninggal pada tahun 2005 dan menjadi petinju wanita pertama yang meninggal di atas ring. Zerlentes yang saat itu berusia 34 tahun dipukul oleh lawannya Heathet Schmitz yang mengenai kepalanya hingga ia terjatuh tak sadarkan diri.

  • Evander Holyfield vs Hasim Rahman

Duel ini digelar setelah Holyfield bergelut dalam trilogi melawan John Ruiz (Agustus 2000, menang; Maret 2001, kalah; Desember 2001, draw). Duel melawan Hasim Rahman digelar di New Jersey, Juni 2002.

Ini duel mantan juara dunia melawan mantan juara dunia. Holyfield tampil dominan sepanjang 7 ronde sebelum terjadi benturan kepala yang membuat dahi Rahman membengkak sebesar telur.

  • Roy Jones Jr

Sebelum menjadi petinju profesional dan merebut berbagai gelar juara. Roy Jones Jr. dirampok pada Olimpiade 1988 di Korea Selatan. Petinju ortodoks ini mendominasi kelasnya sampai ke final sementara lawannya, Park Si Hun, menang dengan cara dan keputusan yang kontroversial.

  • Cassius Clay vs Henry Cooper

Kebanyakan orang mengingat pertarungan ini ketika Henry Cooper (Inggris) menjatuhkan Cassius Clay (Muhammad Ali) di ronde 4. Namun orang kemudian dikejutkan ketika Clay memenangkan gelar kelas berat.

Clay menghentikan Cooper di ronde 5 setelah luka menganga di mata kirinya berdarah dan mengganggu pandangan matanya.

Tinju merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan kekuatan otot dan konsentrasi. Tinju juga merupakan olah raga yang rawan terjadinya cidera karena memang yang di nilai dari olah raga ini adalah seberapa tepat dan banyak pukulan yang di arahkan ke lawan.