Tinju ialah bentuk seni bela diri yg menampilkan konflik antara 2 individu dengan berat yg sama. dalam olahraga ini, memukul adalah keterampilan dasar yg wajib dimiliki seseorang petinju. Pukulan ini secara awam memiliki fungsi yang berbeda-berbeda, mulai asal menguji pertahanan lawan, mengalihkan penekanan lawan, menciptakan agresi, hingga merespon pukulan versus.

Buat menjadi petinju yang baik, seorang harus mengetahui ketika yg sempurna buat menggunakan pukulan tertentu. oleh sebab itu, terdapat baiknya menyimak jenis-jenis pukulan dasar yang dapat dipergunakan sebagai persiapan memasuki cabang olahraga tinju.

Berikut Pukulan Dasar Apabila Anda Ingin Belajar Tinju

Jab

Jab artinya Pukulan yg cepat serta pribadi tentang wajah musuh. Jab diklaim menjadi keliru satu pukulan krusial pada tinju karena tidak memerlukan gerakan berat asal petinju. Selain itu, jenis pukulan ini juga hampir tidak menyisakan ruang bagi musuh buat melancarkan serangan balik.

Kenali Jenis-Jenis Pukulan Dasar Dalam Olahraga Tinju

Ketika melakukan jab menggunakan satu tangan, petinju bisa mengangkat bahu depannya buat melindungi rahang dari kemungkinan pukulan musuh serta menjaga tangan lainnya tetap dekat menggunakan paras.

Cross

Cross adalah Cara lain pukulan lurus yg kuat dan lugas, serta dilempar dari punggung tangan. Ketika melakukan umpan silang, petinju akan melemparkan punggung tangannya berasal rahang, kemudian mendorong bagian belakang bahu ke depan sampai mencapai dagu.

Pada gaya silang, beban dipindahkan asal kaki belakang ke kaki depan. Menggunakan demikian, tumpuan berada di satu kaki. Pukulan ini pula dikatakan mempunyai kekuatan yg lebih besar berasal jab.

Hook

Hook ialah Pukulan semi berputar yang dipergunakan untuk menyerang bagian samping wajah atau ketua lawan. Pukulan ini dilakukan menggunakan siku terlipat dan tangan terkepal menghadap ke bawah.

Ketika melakukan hooking, batang tubuh dan pinggul petinju umumnya diputar searah jarum jam. Pukulan ini juga diklaim menjadi keliru satu jenis pukulan yang paling efektif digunakan pada tinju.

Uppercut

Pukulan Atas ialah Pukulan vertikal asal bawah yg menunjuk ke paras lawan. Pukulan ini bertujuan buat mengangkat tubuh versus dan membuatnya tidak seimbang. Kombinasi uppercut kanan serta hook kiri umumnya merupakan hal yg mematikan pada tinju. Uppercut bermanfaat buat mengangkat dagu versus ke posisi rentan, sedangkan hook bermanfaat untuk menjatuhkan versus.

Ada Beberapa Gaya Tarung Dalam Pertandingan Tinju

Petinju

Dari Daud Jordan, petinju ialah gaya tinju yg cenderung menunggu lawan. saat lawan lengah atau lawan melontarkan pukulan terlebih dahulu, barulah dia akan membalas. “Gaya tinju seperti ini disebut agresi pulang,” istilah Daud.

Slugger

Slugger adalah gaya tinju yang agresif serta tak kenal lelah buat melancarkan serangan bertubi-tubi. Petinju dengan gaya ini mengandalkan serangan cepat dengan kekuatan pukulan yg luar biasa. Gaya slugger sangat digemari penonton karena tampilannya yg begitu atraktif.

Swarmers (Pejuang)

Swarmer adalah gaya tinju murni yang mengandalkan jarak dekat dengan intensitas agresi yang agresif. umumnya, petinju menggunakan gaya swarmer atau lebih dikenal menjadi petarung, tidak takut dengan pukulan lawan.

Bertarung dalam jeda dekat sebagai andalan mereka menjadi senjata untuk menghentikan serangan kembali lawan. Petinju ala tinju ini dituntut mempunyai gerakan kaki yg lihai serta cepat.